Sistem Pencernaan Makanan

Syarat makanan sehat adalah higienis, berkecukupan dan bergizi. Di dalam tubuh, zat-zat makanan yang diperoleh dari bahan makanan berfungsi sebagai penghasil energi seperti karbohidrat dan lemak; pembangun tubuh seperti protein dan garam mineral; dan pelindung tubuh seperti protein, vitamin, mineral dan air.

Di dalam tubuh, makanan mengalami proses pencernan secara mekanis dan kimiawi. Pencernaan secara mekanis dilakukan oleh gigi dan secara kimiawi dilakukan oleh enzim yang berlangsung di dalam saluran pencernaan. Saluran pencernaan pada manusia terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, dan usus besar. Di samping itu, ada organ lain yang menghasilkan enzim dan zat lain yang membantu pencernaan, yaitu penkreas dan hati.

Penyerapan sari makanan terjadi di dalam sel (intraseluler) atau di luar sel (ekstraseluler). Pada umumnya hewan bersel banyak proses pencernaannya terjadi di luar sel. Manusia dan hewan bersel banyak mempunyai sistem pencernaan yang kompleks, susunan alat pencernaannya sesuai dengan makanannya. Ada kaitan antara jenis makanan dengan alat pencernaan, misalnya adanya tembolok dan empedal pada burung; adanya geligi pada vetebrata dan susunan perut besar yang kompleks pada hewan memamah biak.

Tinggalkan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>